July 1, 2022

Buy Nothing New

Belajar memberi nilai terhadap sesuatu, seutuhnya

Asal Burung Cendrawasih

Jika berbicara tentang binatang apa saja yang paling terkenal di Indonesia, setiap orang pasti setuju bahwa cendrawasih ada di dalamnya. Burung yang dikenal karena tarian yang unik dan perpaduan warna yang eksotis ini memang telah lama dicap sebagai primadona asli dari Indonesia. Bahkan beberapa channel flora dan fauna seperti Nat Geographic Animal sering melakukan liputan hingga membuat sebuah film dokumenter yang mengisahkan tentang habitat dan bagaimana burung cendrawasih hidup di alam liar. Namun tahukah Anda asal burung cendrawasih? Ternyata burung cendrawasih berasal dari Papua. Ya, cendrawasih merupakan burung endemi yang hidup di daerah Indonesia bagian timur. Selain di sana, tidak ada burung cendrawasih yang hidup di alam liar.

Burung cendrawasih merupakan famili dari Paradisaeideae yang terdiri dari setidaknya 13 genus dan ada lebih dari 40 spesies. Burung ini memiliki nama ilmiah dengan awalah Paradisaea karena banyak yang setuju bahwa cendrawasih adalah burung dari surga. Dalam bahasa Inggris burung ini juga disebut sebagai the bird of paradise. Tentu kita setuju dengan penamaan tersebut mengingat keindahan warna bulu dan tarian uniknya seolah tidak bisa ditandingi oleh burung lain. Semua pun setuju bahwa burung cendrawasih adalah burung yang indah, bak sebuah surga atau paradise. Itulah alasan mengapa banyak ilmuwan zaman dulu memberikan nama ilmiah dengan awalan Paradisaea.

Selain mengetahui asal burung cendrawasih, kita juga harus menggali lebih dalam tentang informasi burung ini. Berbicara tentang habitat, burung cendrawasih diambang kepunahan karena banyak habitatnya yang mulai rusak karena penebangan liar, pembukaan lahan untuk pertanian dan pemukiman, hingga banyaknya pemburu hewan yang ingin menangkapnya. Perlu diketahui bahwa burung cendrawasih memang memiliki nilai jual yang sangat tinggi, apalagi para pejantan yang telah dewasa karena memiliki warna bulu yang eksotik. Beberapa kolektor hewan langka pun berani menawar cendrawasih dengan harga yang sangat mahal agar bisa memeliharanya. Sedangkan pecinta fashion tertarik dengan bulunya yang kerap menjadi aksesori sebuah busana.