September 27, 2021

Buy Nothing New

Belajar memberi nilai terhadap sesuatu, seutuhnya

Bahaya Ragi bagi Ibu Hamil dan Janin yang Dikandungnya

Untuk menjaga kehamilannya, seorang ibu hamil harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan maupun minuman. Salah satu kandungan dalam makanan yang diindikasikan berbahaya bagi ibu hamil adalah ragi. Tulisan ini akan mengulas secara singkat bahaya ragi bagi ibu hamil maupun janin yang dikandungnya.

Bahaya Ragi bagi Ibu Hamil dan Janin

Ragi adalah bahan yang cukup banyak digunakan di dalam makanan dan minuman. Contohnya adalah roti, tape singkong, dan tape ketan, juga minuman beralkohol. Jika dikonsumsi secara berlebihan, ragi dapat menimbulkan bahaya bagi ibu hamil maupun janinnya. Berikut beberapa bahaya yang bisa timbul.

  • Kerusakan organ pada janin: kandungan alkohol dapat menyebabkan gangguan proses pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam rahim.
  • Bayi mudah sakit: asupan ragi yang berlebihan oleh ibu hamil akan menyebabkan sistem imunitas pada tubuh bayi melemah sehingga kelak lebih mudah sakit.
  • Berat badan bayi kurang: kandungan alkohol bersifat mengikat nutrisi sehingga janin kekurangan nutrisi dan akibatnya, berat badan bayi menjadi rendah.
  • Fetal alcohol spectrum disorder: penyakit serius berupa ketidaknormalan pada wajah, ukuran kepala kecil, dan gangguan saraf otak.
  • Keguguran: ragi tape dan minuman beralkohol dapat menimbulkan efek panas pada perut sehingga plasenta/janin melepaskan diri dan terjadilah keguguran.

Selain kelima bahaya di atas, beberapa dampak buruk lain dari ragi adalah keterlambatan bicara, gangguan panca indra, gangguan perilaku, dan berkurangnya kecerdasan bayi.