September 27, 2021

Buy Nothing New

Belajar memberi nilai terhadap sesuatu, seutuhnya

Bahayakah Bercak darah saat hamil muda?

Pixabay.com

Ketika hamil, wanita alami beberapa berpotensi alami risiko kesehatan. Tak cuma itu,  hormon di tubuhnya juga fluktuatif, sehingga menimbulkan banyak perubahan yang bisa berefek seperti mual, pusing, sakit pinggang, sampai pendarahan di vagina dan efek lainya. Ini masih dalam batas normal.

Tentang Bercak Darah Saat Hamil Muda

Tentang pendarahan ketika hamil, ini juga umum terjadi. Tapi perlu diwaspadai kalau ada bercak darah saat hamil muda. Bisa jadi tanda bahaya.

Lazimnya, bercak darah keluar saat hamil muda, merupakan proses melekatnya sel telur yang sudah dibuahi di dinding rahim (pendarahan implantasi).

Ini masih dianggap normal, kalau darah yang keluar sedikit, cuma bercak saja. Warna darahnya juga bermacam macam. Ada merah tua, merah muda, dan kecoklatan.

Penyebab Bercak Darah Saat Hamil Muda

Pendarahan ketika hamil muda, biasanya terjadi sekitar 1 sampai 3 hari saja, di bulan pertama hamil. Bisa dibarengi kram ringan, yang merupakan tanda sedang terjadi proses penempelan sel telur pada dinding rahim, berbeda dengan tanda keguguran. Walaupun ciri cirinya hampir sama.

Menurut penelitian, sekitar 20-30 persen, ibu hamil pernah alami pendarahan semacam ini, utamanya saat 12 Minggu pertama kehamilan.

Meski tak selalu jadi masalah serius, tapi bercak darah saat hamil muda perlu diwaspadai penyebabnya. Karena bisa saja merupakan tanda tanda kehamilan seperti berikut ini :

Kehamilan ektopik. Kehamilan ini juga biasanya ditandai adanya bercak darah saat hamil muda. Kehamilan ektopik berbahaya karena bisa akibatkan pendarahan serius.

Kehamilan mola. Kehamilan mola atau lebih disebut juga hamil anggur, terjadi saat jaringan yang semestinya jadi janin, malah membentuk jaringan abnormal tak membentuk bakal janin. Kondisi ini ditandai dengan adanya bercak darah saat hamil muda, meski bukan satu satunya tanda. Untungnya, hamil mola jarang terjadi.

Keguguran. Keluar darah saat hamil muda, bisa jadi tanda keguguran. Gejala keguguran lainya, ditandai perut bagian bawah terasa nyeri.

Namun jika terjadi pendarahan atau bercak saat hamil muda, tak perlu langsung panik. Sebaiknya, segera konsultasi ke dokter jika terjadi ada pendarahan saat hamil, agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.