July 1, 2022

Buy Nothing New

Belajar memberi nilai terhadap sesuatu, seutuhnya

Beberapa Insiden yang Pernah Terjadi di Kereta Api Kertajaya

Pixabay.com

Kereta api Kertajaya adalah kereta jarak jauh yang melayani lintas Surabaya Pasarturi-Pasar Senen. Layanan penumpang kelas ekonomi premium ini beroperasi di daerah operasi VIII Surabaya. Kereta ini menggantikan kereta api Gaya Baru Malam Utara.

Berdasarkan revisi Gapeka 2019, Kertajaya mengalami perubahan jadwal per 3 Juli 2020. Meski demikian, jalur yang dilintasi kereta ini tetap sama. Berikut adalah jalur lintas Kertajaya.

Jalur Lintas Kereta Api Kertajaya

Kertajaya melayani lintas Surabaya Pasar turi-Pasar Senen dan sebaliknya. Kereta reguler ini memiliki nomor jadwal 255-256. Secara garis besar, jalur lintas Kertajaya yaitu Surabaya Pasar turi-Bojonegoro-Semarang-Poncol-Brebes-Pasar Senen.

Meski belum diketahui secara pasti kapan Kertajaya mulai beroperasi, kereta ini sudah disebutkan pada grafik perjalanan tahun 1998. Sejak beroperasi, kereta ini telah mengalami sejumlah insiden. Insiden apa sajakah itu?

Insiden Kereta Api Kertajaya

Kecelakaan

Insiden yang paling mencuri perhatian terjadi pada 15 April 2006. Kereta api Sembrani dan Kertajaya bertabrakan di emplasemen Stasiun Gubug. Akibat kecelakaan ini 13 orang tewas.

Terbakar

Pada 27 November 2013, kereta bagasi Kertajaya terbakar beserta muatannya. Kereta Kertajaya kembali terbakar pada 25 Agustus 2016. Insiden ini membakar satu kereta ekonomi beserta kereta makan pembangkit Kertajaya.

Ular Sanca

Insiden selanjutnya adalah penemuan ular sanca kembang dalam kereta api Kertajaya Tambahan. Peristiwa ini terjadi pada 21 Februari 2017. Tidak ada penumpang yang mengakui kepemilikan ular tersebut.

Kereta api Kertajaya memiliki jarak tempuh 725 km dalam waktu rata-rata 11 Jam. Kertajaya ini menggunakan lokomotif CC206. Saat ini Kertajaya masih memiliki status beroperasi.