May 29, 2022

Buy Nothing New

Belajar memberi nilai terhadap sesuatu, seutuhnya

Beda Tunangan dan Lamaran

Sebelum melangsungkan pernikahan antara laki-laki dan perempuan biasanya akan melalui proses lamaran dan tunangan terlebih dahulu. Lalu apa sebenarnya perbedaan tunangan dan lamaran ini. Bagi yang akan melangsungkan pernikahan sebaiknya harus tahu dulu perbedaannya.

Perbedaan Tunagan dan Lamaran

  1. Definisi Keduanya

Untuk tunangan ini merupakan proses untuk menjalin hubungan ke tahap yang lebih serius lagi. Tunangan ini merupakan komitmen diantara dua orang yang berjanji untuk menyatukan hidup bersama untuk menuju pernikahan.

Sedangkan untuk lamaran ini merupakan acara yang sifatnya formal dan biasanya juga menyangkut adat budaya.

  1. Proses Acara

Meskipun acara tunangan dan lamaran ini adalah suatu proses dalam memberikan cincin pada pihak perempuan akan tetapi memiliki perbedaan dalam prosesi acaranya.

Tunangan ini prosesnya hanya bertukar cincin saja. Sedangkan jika untuk lamaran ini bukan hanya memberikan cincin akan tetapi juga dibarengi dengan membawa seserahan bagi calon mempelai wanitanya.

  1. Waktu Penyelenggaraannya

Dikarenakan tunangan ini merupakan prosesi yang tak wajib, maka banyak pasangan yang melewati proses ini dan langsung menuju ke lamaran.

Biasanya setelah lamaran maka dilakukan bisa 1 hari sebelum menikah atau bisa juga maksimal 5-6 bulan saat akan menikah.

Kemudian untuk tunangan ini waktunya bisa 1 hingga 3 tahun lalu dilanjutkan ke pernikahan.

Itulah perbedaan antara tunangan dan lamaran ini. Semoga bermanfaat.