July 28, 2021

Buy Nothing New

Belajar memberi nilai terhadap sesuatu, seutuhnya

Ciri-ciri Fisik Wanita Hamil

Pixabay.com

Datangnya si buah hati ke dalam rahim seorang ibu tentu membawa tanda-tanda yang bisa diketahui oleh setiap orang. Salah satu hal yang paling mencolok dari ciri-ciri fisik wanita hamil adalah terlambat atau tidak lagi mengalami menstruasi.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai ciri-ciri fisik wanita hamil, anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

5 Ciri Fisik Wanita Hamil

Mual dan Muntah

Selain terlambatnya menstruasi, mual dan muntah juga menjadi ciri yang mudah ditebak dari adanya kehamilan. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormon yang berdampak pada sistem pencernaan, sehingga kadar asam di lambung bunda naik dan memunculkan rasa mual hingga muntah.

Sering Buang Air Kecil

Bunda pasti akan mengalami sering buang air kecil, terutama pada minggu ke 6-8 usai pembuahan. Hal ini disebabkan karena terjadi pembesaran rahim yang kemudian mulai menekan kantung kemih, sehingga kantung kemih terasa cepat penuh, padahal bunda baru saja membuang air kecil.

Suhu Tubuh Meningkat

Umumnya, bunda akan mengalami suhu tubuh meningkat setelah masa ovulasi, dan suhu tersebut tidak berubah hingga menstruasi berikutnya. Akan tetapi, jika bunda sudah mengukur suhu tubuh basal dan lewat 2 minggu usai waktu ovulasi suhu tubuh bunda meningkat maka kemungkinan besar bunda positif hamil.

Pusing

Saat bunda hamil, bunda pasti akan mengalami pusing akibat peredaran darah ke otak yang tidak lancar. Pada saat hamil, peredaran darah lebih fokus ke rahim, sehingga bunda akan merasa pusing.

Perubahan Pada Kulit dan Rambut

Beberapa ibu hamil akan mengalami ciri fisik berupa perubahan kulit dan rambut. Akan tetapi, perubahan tersebut juga berbeda-beda antara ibu hamil yang satu dengan lainnya.

Beberapa akan mengalami kulit terasa lebih mudah gatal, sensitif, dan tumbuh jerawat pada wajah, bahkan perubahan warna kulit. Sementara pada rambut akan terjadi perubahan, yaitu lebih tebal. Namun beberapa ibu hamil lainnya akan mengalami perubahan kulit lebih glowwing.