July 1, 2022

Buy Nothing New

Belajar memberi nilai terhadap sesuatu, seutuhnya

Hati-Hati ! ini Bahaya Garam Himalaya

Pernahkan Anda mendengar jenis garam Himalaya?

Saya kira kebanyakan orang sudah mengetahui, bahkan pernah menggunakannya. Ciri utama garam ini ialah warnanya merah muda samar sebab berasal dari pegunungan di Pakistan yang mengandung banyak zat besi oksida.

Perbedaan pembuatan garam himalaya dengan garam biasa ialah, proses pengolahan garam Himalaya lebih singkat. Sedangkan garam biasa perlu di olah beberapa kali dahulu. Perbedaan inilah yang membuat banyak orang menganggap garam himalaya lebih alami dan berarti lebih sehat. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Mengonsumsi terus menerus dapat menimbulkan beberapa bahaya garam himalaya, diantaranya:

  1. Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung

Resiko pertama yang wajib diwaspadai ialah, konsumsi garam himalaya dalam jangka waktu panjang berdampak pada kerja ginjal dan jantung. Hal ini disebabkan, garam himalaya memiliki kandungan natrium lebih banyak dibandingkan Yodium di dalamnya. Ginjal menjadi kewalahan dalam mengolah zat yang terlalu banyak, dan menimbulkan resiko penurunan kinerja.

Selain itu, apabila ginjal sudah terlampau lelah, sisa cairan akan menumpuk dan larut dalam air dan darah. Dalam waktu selanjutnya, jantung akan terlalu berat untuk memompa. Resiko ini jauh lebih besar menimpa orang-orang yang sudah mengidap gangguan jantung sebelumnya.

  1. Membuat Tubuh Kekurangan Yodium

Meskipun garam biasa yang banyak dijual pasaran sudah melalui pengolahan lebih panjang, garam tersebut tetap diperkaya dengan Yodium yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Garam himalaya justru mengandung Yodium yang lebih sedikit dan tidak cukup memenuhi kebutuhan tubuh.

Oleh karenanya, penting mempertimbangkan untuk menggunakan jenis garam yang mana ya,,,

  1. Risiko Obesitas Kian Meningkat

Garam yang dikonsumsi tidak sesuai dengan kadarnya sangat rawan memicu obesitas, baik bagi perempuan, laki-laki, dewasa, maupun anak-anak. Oleh karenanya, perhatikan selalu takaran penggunaan garam, meningkat satu gram saja setiap hari dapat dengan cepat menimbulkan obesitas.

Demikian penjelasan singkat dan padat mengenai bahaya garam himalaya. Jaga selalu kesehatan keluarga dengan memberikan asupan sebaik mungkin. Tetap jaga kesehatan dan terus tinggatkan imunitas tubuh ya