September 27, 2021

Buy Nothing New

Belajar memberi nilai terhadap sesuatu, seutuhnya

Ibu Hamil Alami Ambeien, Apa Bisa Lahiran Normal?

Pixabay.com

Gangguan kesehatan yang terjadi pada ibu hamil umumnya akan berpengaruh terhadap proses kehamilan. Terlebih bila usia kehamilannya sudah masuk ke trimester ketiga. Salah satu yang menjadi masalah yang kerap dialami oleh ibu hamil ialah ambeien ketika kehamilan usia 9 bulan.

Ambeien atau wasir ini memang salah satu masalah yang sering dialami oleh para ibu hamil. Tidak hanya bisa mengakibatkan rasa yang tidak nyaman. Ambeien ketika hamil kerap kali mengakibatkan rasa cemas dan khawatir pada ibu.

Rasa khawatir ini seringkali menghampiri para ibu ketika kandungannya sudah masuk 9 bulan tapi mengalami ambeien. Mereka takut akan bahaya ambeien saat melahirkan, sedangkan mereka sendiri sedang menyiapkan diri untuk proses melahirkan. Pertanyaannya apa boleh ibu ambeien melahirkan secara normal?

Ibu hamil 9 bulan mengalami ambeien apa boleh lahiran normal?

Ambeien kerap terjadi ketika kandungan masuk ke trimester ketiga. Dimana saat trimester ini, para ibu hamil mempersiapkan diri untuk menjalani proses melahirkan. Kenyataanya bahwa ada beberapa ibu hamil yang mempunyai penyakit ambeien bisa melahirkan dengan normal, sebab ambeien ini akan berpengaruh buruk terhadap bayi.

Namun bahaya ambeien saat melahirkan akan bisa memperburuk ambeien. Hal ini disebabkan oleh proses melahirkan normal ibu hamil harus mengejan. Keadaan ini yang membuat para ibu hamil yang memiliki ambeien memilih untuk menjalani persalinan dengan cara operasi caesar. Karena hal itulah ambeien yang terjadi pada ibu akan semakin berat dan tidak menjadi masalah saat proses persalinan.

Hal yang berkaitan proses persalinan ini, ibu hamil perlu mendiskusikan hal itu lebih dulu pada dokter kandungan. Dengan begitu ibu hamil mendapatkan penanganan yang sesuai dan juga optimal saat memilih proses persalinan. Hal tersebut semata-mata dilakukan agar ibu hamil dan bayi bisa selamat dan tidak ada masalah lain.

Ada beberapa kasus ambeien bisa mengakibatkan rasa yang tidak nyaman. Untuk mengatasinya sebaiknya ibu hamil melakukan beberapa tips berikut ini:

·         Selalu menyediakan lap basah berbahan lembut, lap tersebut bisa dipergunakan untuk membersihkan tubuh terlebih pada bagian rektum

·         Berendam di dalam air hangat, bisa mengurangi pembengkakan ambeien dan rasa nyeri dengan melakukan berendam memakai air hangat selama 20 menit.

·         Mengoleskan minyak zaitun untuk mengurangi rasa nyeri

·         Pergi ke dokter, berhati hati ketika ambeien berdarah sebaiknya untuk segera menghubungi dokter dan mendapatkan penangan medis yang tepat.