July 1, 2022

Buy Nothing New

Belajar memberi nilai terhadap sesuatu, seutuhnya

Lagi Belajar Masak? Yuk Simak Resep Lodeh Nangka Simpel Disini

Dalam istilah jawa, nangka muda akan biasa disebut dengan istilah tewel. Nangka yang muda itu dapat ditemui dengan mudah di pasar pasar tradisional yang ada, baik dalam bentuk utuh maupun sudah dalam bentuk potongan. Bagi Anda yang sedang belajar memasak, sajian dari nangka muda ini sangat direkomendasikan untuk dicoba. Mari simak resep lodeh nangka yang simpel dan sederhana tersebut berikut ini.

Bahan Bahan yang Dbutuhkan untuk Membuat Lodeh

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa masakan nusantra terkenal akan penggunaan santan di dalamnya. Olahan dari santan tersebut juga beragam. Salah satu jeis olahan yang paling terkenal adalah lodeh. Jenis sayuran atau lauk yang dimasukkan ke dalam lodeh tersbeut juga terbilang banyak. Misalnya adalah lodeh dengan isi berupa nangka yang masih muda ini.

Bahan yang diperlukan dalam resep ini aantara lain adalah 250 gram nangka muda yang dipotong kecil, 250 ml santan, 3 cm lengkuas, 1 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, dan juag 1 batang serai. Sementara bumbu halus yang diperlukan adalah 7 siung bawang merah, 5 siung bawang merah, 5 buah cabai keriting, danĀ  10 buah cabai rawit. Resep lodeh nangka ini juga menggunakan kunyit, kemiri, garam, dan juga kaldu ayam secukupnya.

Cara yang harus Dilakukan untuk Membuat Lodeh

Langkah atau cara pertama untuk membuat hidangan berupa lodeh ini adalah merebus namgka yang telah dipotong potong lalu meniriskannya. Kemudian selanjutnya panaskan sedikit minyak di wajan untuk menumis sebentar bahan untuk bumbu halus di resep ini. Setelah selesai ditumis dengan minyak, haluskan bahan bahan untuk membuat bumbu halus tersebut.

Barulah kemudian setelah semua baubu telah halus, Anda dapat memasaknya bersama dengan nangka yang telah rebus. Masukkan bumbu yang telah halus ke dalam wajan, lalu tumis sebentar bumbu tersebut. Setelah dirasa cukup, Anda dapat memasukkan nangka muda yang telah di rebus ke dalamnya. Masukkan pula daun salam, serai, daun jeruk ke dalam campuran bahan yang ada.

Masak semua bahan yang ada hingga bumbu telah benar benar meresap. Tunggu beberpa waktu hingga air di dalam campuran bahan yang ada sedikit berkurang. Di bagian akhir dari resep lodeh nangka ini, barulah masukkan santan kelapa di dalamnya. Jaga agar santan yang ada tidak pecah dan masak dengan sempurna. Masak sayur lodeh tersebut hingga benar benar mendidih dan matang.

Untuk menambah pengalaman dalam hal memasak, Anda dapat mencoba berbagai resep olahan sayur khas nusantara. Seperti misalnya adalah sayur lodeh yang telah terkenal ini. Bahan bahan yang digunakan juga bisa disesuaikan dengan selera yang dimiliki. Jika Anda menyukai rasa masakan yang pedas, jumlah cabai rawit yang ada di dalam resep ini apat Anda tambahkan lebih dari jumlah sebenarnya