July 1, 2022

Buy Nothing New

Belajar memberi nilai terhadap sesuatu, seutuhnya

Lima Cara Membuat Anak Agar Berani dan Percaya Diri

Menumbuhkan rasa percaya diri pada anak sangat penting untuk dilakukan oleh para orang tua. Seorang anak dengan percaya diri memudahkan anak untuk melakukan berbagai aktivias di luar rumah. Menumbuhkan rasa berani dan percaya diri pada anak bisa dimulai sejak dini. Ada lima cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan rasa berani serta percaya diri untuk anak.

Cara yang pertama adalah sering mengajak anak pergi ke tempat yang ramai. Mengajak anak untuk berada di keramaian akan melatih rasa percaya diri dan rasa berani padaanak. Bertemu dengan orang banyak dan asing akan membuat anak lebih berani dari pada anak tersebut jarang diajak bertemu banyak orang. Cara yang ke dua adalah membebaskan anak untuk berbaur dengan banyak orang. Jika anak anda mudah berbaur dengan orang lain maka anda bisa membiarkannya. Walaupun memberikan kebebasan bukan berarti anda tidak memberikan pengawasan pada anak. Sebagai orang tua anda tetap memberikan pengawasan dari jarak jauh.

Cara yang ke tiga adalah mengajarkan cara berinteraksi dengan orang baru. Kenalkan anak dengan beberapa orang baru maupun memasukannya ke dalam sebuah komunitas. Sering bertemu dengan orang baru akan melatih rasa berani dan percaya diri pada anak tersebut. Cara yang ke empat adalah menanyakan mengenai pendapatnya. Agar anak lebih berani dan percaya diri anda bisa memulainya dengan menanyakan pendapat. Tidak semua anak berani menyampaikan pendapat yang diinginkannya. Disini anda bisa mulai mengajarkan pada anak cara menyampaikan pendapat ketika ada sebuah keinginan.

Cara yang ke lima adalah berbiacara dari hati ke hati dengan sang anak. Bagi beberapa anak yang mempunyai sifat pemalu maka sebagai orang tua perlu mendekati dari hati ke hati. Seorang anak menjadi malu tentu ada alasannya. Cari tahu penyebab seorang anak menjadi pemalu untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan berani. Itulah ke lima cara yang bisa mulai orang tua terapkan pada anak. Membutuhkan kesabaran untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan rasa berani.