September 27, 2021

Buy Nothing New

Belajar memberi nilai terhadap sesuatu, seutuhnya

Hindari Operasi dengan Obat Kista Herbal

Kista adalah penyakit berupa benjolan yang muncul di bawah kulit dan berisi cairan, udara, atau zat padat, yang bisa muncul di bagian tubuh mana pun. Salah satu jenis kista yang sangat ditakuti wanita adalah kista ovarium. Jika masih berukuran kecil dan tidak menimbulkan gejala, pengobatan bisa dilakukan dengan menggunakan obat kista herbal sehingga kista tidak membesar sehingga harus dioperasi.

Kista Ovarium dan Penanganannya

Kista ovarium adalah kantong berisi cairan yang tumbuh di ovarium (indung telur) dan biasanya muncul selama masa menstruasi atau selama masa subur. Karena terjadi pada organ reproduksi, kista bisa memengaruhi kesuburan wanita.

Penanganan kista tergantung pada jenis dan ukurannya serta usia penderita. Kista juga pada umumnya bisa hilang sendiri tanpa penanganan khusus. Berikut beberapa cara menangani kista.

  • Pemantauan rutin: jika ukuran kista masih kecil dan tidak menimbulkan gejala, dilakukan pemeriksaan USG pada beberapa minggu atau bulan setelah kista ditemukan.
  • Minum pil KB: diberikan oleh dokter untuk mencegah kista muncul kembali.
  • Operasi: jika ukuran kista terus bertambah, tidak hilang setelah 3 kali siklus menstruasi, atau timbul nyeri, operasi dilakukan untuk mengangkat kistanya saja atau termasuk ovariumnya.

Obat Herbal Kista untuk Menghindari Operasi

Seperti disinggung di atas, kista yang terus membesar harus ditangani dengan operasi. Ada dua jenis operasi kista, yaitu laparoskopi (menggunakan selang yang dilengkapi kamera) atau laparostomi (operasi bedah  perut).

Setiap operasi, termasuk operasi kista ovarium, bisa menimbulkan risiko infeksi yang ditandai perdarahan, perut nyeri dan bengkak, demam, serta keputihan yang berbau. Selain itu, jika operasi dilakukan untuk mengangkat ovarium, tentu hal ini akan menyebabkan penderitanya sulit atau bahkan tidak bisa memiliki keturunan.

Karena itu, ketika ukuran kista masih kecil, sebaiknya segera diatasi dengan minum obat kista herbal. Beberapa bahan alami berikut ini dipercaya bisa mengecilkan atau bahkan menghilangkan kista sehingga tidak perlu dilakukan operasi.

  1. Kunyit Putih

Kunyit putih mengandung curcumin, tianin, resin, saponin, flavonoid, dan minyak atsiri yang diyakini ampuh untuk mengatasi kista, bahkan membunuh sel kanker. Rebus campurkan kunyit putih, daun pegagan, tapak liman, dan cakar ayam segar, lalu saring dan minum air rebusannya sebanyak tiga kali sehari.

  1. Kulit Buah Manggis

Kandungan zat xanthone akan meningkatkan produksi sel darah putih yang sangat penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Dengan demikian, tubuh akan mampu melawan sel-sel kista.

  1. Daun Sirsak

Daun sirsak sudah sejak lama dipercaya sebagai tanaman yang ampuh membunuh sel-sel kanker sehingga juga bisa dijadikan sebagai obat kista herbal. Khasiat daun sirsak ini disebabkan tanaman ini kaya akan senyawa acetogenin dan fitokimia tertentu. Untuk membuatnya, rebus beberapa lembar daun sirsak sampai airnya tersisa separuh, lalu saring dan minum selagi hangat. Untuk menambah rasa, bisa juga ditambahkan madu.

  1. Teripang

Selain tanaman, ada juga hewan laut yang bisa digunakan sebagai obat herbal kista, yaitu teripang atau sering disebut timun laut karena bentuknya menyerupai timun. Karena untuk mendapatkan dan mengolahnya cukup sulit, Anda bisa membeli obat herbal teripang yang sudah dikemas dalam bentuk kapsul/tablet di agen herbal sehingga tidak perlu repot membuatnya sendiri.

  1. Cuka Apel

Cuka apel yang dikenal memiliki manfaat untuk diet dan menjaga kesehatan juga berkhasiat untuk mengatasi kista. Cuka apel akan mengatasi defisiensi potasium yang menjadi salah satu pemicu kista serta untuk melancarkan menstruasi. Caranya sangat mudah, campurkan setengah sendok teh cuka apel dengan segelas air hangat, minum secara rutin setiap hari.

  1. Daun Mahkota Dewa

Daun ini mengandung senyawa aktif berupa alkaloid, polifenol, dan saponin yang bersifat antibakteri dan flavonoid yang bersifat antiradang. Untuk mengatasi kista, buat ramuan yang terdiri dari campuran daun mahkota dewa, temu mangga, dan buah mahkota dewa kering, rebus sampai air tersisa setengah, lalu minum sebanyak dua kali sehari.

  1. Benalu Teh

Benalu teh mengandung flavonoid dan beberapa senyawa lain yang berkhasiat untuk meningkatkan imunitas, mencegah darah menggumpal, juga bersifat antialergi dan antikanker. Anda bisa membuat obat herbal kista dengan merebus daun benalu teh dan  rumput mutiara, lalu saring dan minum airnya.

Jika setelah minum obat herbal kista terus membesar atau gejala seperti nyeri tidak kunjung hilang, segera temui dokter untuk penanganan lanjutan. Untuk mencegah kista kembali muncul, terapkan gaya hidup sehat, yaitu dengan menjaga pola makan dan rutin berolahraga.