July 1, 2022

Buy Nothing New

Belajar memberi nilai terhadap sesuatu, seutuhnya

4 Oleh-Oleh Khas Jawa Timur Manis dan Gurih Rasanya

Jawa Timur adalah sebuah kota yang tidak hanya terkenal dengan berbagai wisata yang cantik dan menarik tapi juga terkenal dengan berbagai wisata kulinernya yang terkenal dengan rasa manis. Makanan ini juga bisa digunakan sebagai buah tangan untuk orang-orang di rumah.

Ciri Khas Makanan Khas Jawa Timur

Makanan khas kota Jawa Timur tidak hanya terkenal dengan rasanya yang asin dan gurih lainnya. Namun ada beberapa makanan yang mempunyai rasa manis. Rasa manis dari makanan khas Jawa Timur mempunyai ciri rasa manis yang sangat kuat. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang suka makanan manis ya.  Bagi yang jauh, Anda bisa menggunakan jasa ekspedisi Surabaya untuk membeli oleh-oleh khas Jawa Timur seacara online.

Rekomendasi Makanan Bercita Rasa Manis Khas Jawa Timur

Jawa Timur mempunyai banyak sekali rekomendasi makanan yang sangat menarik. Bagi Anda yang suka makanan dengan rasa manis, saat berada di Jawa Timur Anda harus mencoba untuk mencicipi makanan ini,yaitu:

  1. Gethuk Pisang

Gethuk adalah makanan yang dapat ditemukan di berbagai tempat di seluruh Indonsia. Namun ketika berada di Jawa Timur, Anda akan menemukan Gethuk yang berbeda dengan yang lainnya. Hal ini karena makanan satu ini terbuat dari bahan pisang sehingga sangat unik dan berbeda dari yang lainnya.

Gethuk Pisang ini adalah makanan dari  Kediri. Makanan ini banyak dijadikan sebagai oleh-oleh yang sangat terkenal di kota Jawa Timur dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh bagi oleh para wisatawan. Bahan utama yang digunakan harus menggunakan jenis pisang raja agar rasanya manis.

Pisang raja diolah dengan berbagai bumbu sehingga menciptakan rasa yang sangat lezat dan juga sangat lembut. Keunikan gethuk pisang ini adalah penyajiannya dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Dengan begitu akan terlihat sangat tradisional. Makanan ini sangat cocok disjaikan dengan teh atau kopi untuk menemani sarapan .

  1. Suwar-Suwi

Suwar-suwir adalah sebuah makanan khas yang berasal dari kota Jember. Ini merupakan jenis makanan ringan yang terbuat dari bahan tape singkong. Makanan ini mempunyai rasa yang sangat lembut. Jika dilihat, makanan ini hampir mirip dengan gethuk, tapi bedanya adalah pada teksturnya yang lebih lembut daripada gethuk. Selain itu, rasanya juga lebih manis. Makanan yang bernama Suwar-Suwir ini terdiri dari berbagai macam rasa. Ini mulai dari rasa original, buah-buahan, keju, dan coklat.

  1. Wingko Babat

Wingko Babat adalah jenis makanan yang terbuat dari bahan utama tepung beras ketan yang dicampur gula dan juga kelapa muda. Makanan ini cukup terkenal di Jawa Timur dan juga berbagai kota di seluruh pulau Jawa. Asa muasal dari makanan ini berasal dari Madiun Jawa Timur. Makanan ini mempunyai rasa yang cenderung manis dan juga gurih karena perpaduan kelapa mudanya.

  1. Opak Gambir

Opak Gambir adalah makanan khas dari Jawa Timur yang rasanya enak. Makanan ini hampir sama dengan kue semprong. Bentuknya saja yang membedakan dengan kue tersebut di mana bentuknya seperti lipatan.

Opak gambir adalah makanan yang berasal dari kota Blitar. Makanan ini bisa digunakan sebagai sebuah hidangan yang sangat cocok dihidangkan pada saat momen perkumpulan bersama keluarga maupun orang-orang terdekat. Sekarang ini, opak gambir ini sudah banyak dijual di pasar maupun pusat oleh-oleh yang berada di Jawa Timur. Makanan ini berasal dari bahan tepung terigu yag dicampur dengan sari buah, telur dan gula. Adonan tersebut dibentuk seperti corong.