January 28, 2022

Buy Nothing New

Belajar memberi nilai terhadap sesuatu, seutuhnya

Pengertian, Prosedur dan Manfaat Amniocentesis Bagi Ibu Hamil

Deskripsi: Amniocentesis merupakan salah satu metode untuk mengetahui keadaan janin pada ibu hamil.

Apakah Anda pernah mendengar istilah amniocentesis? Untuk ibu hamil, prosedur ini wajib diketahui karena fungsinya ternyata sangat berpengaruh terhadap kesehatan ibu dan janin.

Apa Itu Amniocentesis?

Istilah ini merujuk pada pemeriksaan sampel air ketuban untuk melihat kondisi janin dan mendeteksi kelainan. Prosedur ini bukan hanya untuk yang hamil tua namun justru lebih baik dilakukan saat usia hamil masih muda antara usia 15-20 minggu.

Cara pengambilan sampel ialah menggunakan jarum suntik. Sampel diambil dari rahim dengan cara menusukkan jarum suntik melalui perut ibu hamil. Meskipun terdengar menakutkan, namun prosedur ini tidak memakan waktu lama.

Mengapa Perlu Melakukan Amniocentesis?

Pemeriksaan ini tidak wajib namun menjadi perlu jika ibu hamil mulai mengalami gejala-gejala berikut ini.

  • Kehamilan pada Usia Tua

Bagi yang hamil di atas 35 tahun perlu melakukan prosedur ini untuk memastikan rahim masih sehat dan janin tidak mengalami kelainan. Usia di atas 35 tahun memang lebih beresiko mengalami kelahiran prematur, kelainan atau keguguran dikarenakan fisik ibu sudah tidak sekuat saat masih dibawah 30 tahun.

  • Memiliki Riwayat Penyakit Lain di Gen Keluarga

Ada beberapa penyakit yang terkadang menurun. Meskipun kasusnya tidak seratus persen menurun namun untuk berjaga-jaga, tes ini bisa dilakukan untuk mendeteksi apakah penyakit ini juga muncul pada janin. Adapun kelainan-kelainan tersebut antara lain seperti sindrom down dan fibrosis.

Apa Saja Manfaat Amniocentesis?

Manfaat dari amniocentesis antara lain.

  • Mengetahui Sejak Dini Kelainan pada Janin

Tindakan pencegahan menjadi lebih mudah untuk dilaksanakan jika gejala sudah bisa dideteksi dari awal.

  • Mengobati Janin Secara Langsung

Selain untuk mendeteksi penyakit dan kelainan pada janin, metode ini juga bisa mengobati janin langsung dengan menyuntikkan obat ke air ketuban. Dengan begitu segala jenis penyakit bisa dihentikan sebelum berkembang lebih jauh lagi.

Itulah pengertian, prosedur dan juga manfaat dari amniocentesis. Dengan mengetahui informasi ini ibu hamil bisa mengambil langkah pencegahan agar janin lebih sehat. Konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan untuk mengetahui resiko dan juga melakukan persiapan awal sebelum tes.