July 1, 2022

Buy Nothing New

Belajar memberi nilai terhadap sesuatu, seutuhnya

Penyebab berat badan bayi tidak naik

Pixabay.com

Memiliki bayi yang gemuk, gendut dan sehat merupakan impian banyak orang tua, bahkan saking inginnya memiliki anak yang gemuk banyak orang tua yang berlebihan memberikan asupan makan pada bayi sehingga bayi menjadi kegemukan dan obesitas yang justru tidak baik untuk kesehatan bayi.

Maka dari itu, ikuti panduan yang ada dari posyandu maupun dari dokter anak untuk masalah berat badan pertumbuhan bayi yang normal sehingga bayi anda tidak kegemukan atau terlalu kurus.

Lantas bagaimana jika berat badan bayi stagnan tidak naik dan tidak turun, apakah normal? Berikut akan kami berikan penjelasan selengkapnya tentang penyebab berat badan bayi tidak naik di bawah ini.

Jarang menyusu

Umumnya bayi baru lahir hingga usia beberapa bulan hanya mengandalkan ASI sebagai asupan utamanya, namun ada saja bayi yang terkadang jarang menyusu sehingga hal ini dapat menyebabkan berat badan bayi tidak berkembang tidak naik bahkan bisa menyebabkan berat badan turun.

Oleh karena itu sebagai orang tua anda harus rajin-rajin membujuk bayi agar mau menyusu sehingga perkembangan bayi tetap terjaga.

Persediaan ASI yang sedikit

Mungkin beberapa ibu mengalami keterlambatan ASI atau hanya mengeluarkan ASI dalam jumlah sedikit sehingga menyebabkan bayi tidak mendapat asupan ASI yang cukup dan menyebabkan berat badan bayi stagnan tidak naik dan tidak ada perkembangan.

Oleh karena itu jika produksi ASI anda sedikit maka makanlah makanan yang dapat memperlancar ASI atau minum susu penunjang yang dapat melancarkan ASI.

Sedang sakit

Biasanya bayi yang sedang sakit pasti merasa tidak nyaman dan tidak nafsu makan, sehingga bayi tidak mau minum ASI. Hal ini tentunya membuat orang tua menjadi khawatir, oleh karena itu jika bayi anda sakit maka sebaiknya segera bawa ke dokter anak agar segera ditangani sehingga tidak semakin parah.

Karena jika dibiarkan terus menerus maka bayi susah untuk minum ASI, menangis dan rewel yang berpengaruh terhadap berat badan bayi yang cenderung akan turun dan tidak sehat.