September 27, 2021

Buy Nothing New

Belajar memberi nilai terhadap sesuatu, seutuhnya

Macam-Macam Permainan Anak di Rumah

Kondisi pandemic yang mengharuskan kita berada di rumah saja sungguh menimbulkan kebosanan. Apalagi keluarga yang memiliki anak kecil dan harus terkurung selama beberapa bulan di rumah. Sebagai orang tua, perlu untuk membuat anak betah dan nyaman berada di rumah.

Orang tua harus kreatif menciptakan permainan untuk anaknya. Kamu bisa membuat permainan unik yang bisa dimainkan anak-anak di rumah untuk mengusir kebosanan mereka. Artikel ini akan membahas mengenai permainan anak di rumah.

Permainan Anak di Rumah

Usia anak-anak merupakan usia dimana mereka gemar untuk bermain. Anak-anak tidak betah dan akan merasa bosan jika hanya berdiam diri. Anak bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain, bahkan sampai mereka lupa waktu.

Berada di kondisi pandemic yang membuat anak harus terkurung di rumah membuat anak cepat merasa bosan. Kamu harus inovatif membuat permainan seru buat anak. Kamu bisa memanfaatkan beberapa benda yang ada di rumah untuk membuat permainan yang asyik.

Berikut ini beberapa rekomendasi pemainan anak di rumah untuk mengusir rasa bosan bagi anak.

1. Berkemah dalam rumah

Apabila anak sudah merindukan suasana di luar rumah dan suasana berlibur ke alam, kamu bisa menyiasatinya dengan bermain kemah-kemahan di dalam rumah. Kamu bisa membangun tenda mainan sebagai tempat berkemah. Kamu bisa menambahkan beberapa pelengkap lain yang menambah suasana kemah.

Untuk memberikan suasana kemah sungguhan, kamu bisa melakukan permainan ini di halaman rumah. Ajaklah teman-teman di sekitar rumah untuk bermain bersama agar suasana semakin menarik.

2. Membuat balon sabun

Permainan ini cukup sederhana dan mudah dilakukan, kamu bisa mengajak anak untuk membuat balon dari sabun. Lalu balon sabun ini bisa dimainkan bersama anak-anak di halaman rumah. Mainan ini sangat menyenangkan, kalian bisa membuat balon sebanyak-banyaknya dan bisa besar-besaran ukuran balon.

Kamu juga bisa membuat balon sabun berbentuk ular dengan menggunakan botol bekas air mineral dan kaus kaki. Bagian dasar botol minuman dipotos dan dipasang dengan kaus kaki. Celupkan dasar botol yang terdapat kaus kaki ke dalam cairan air sabun lalu tiup mulut botol, gelembung akan muncul.

3. Bowling

Permainan ini bisa dimainkan bersama keluarga di rumah. Kamu hanya perlu menyiapkan barang bekas berupa botol bekas air mineral dan bola plastic kecil atau bola tenis. Botol minum bekas disusun bentuk piramid dan bola digelindingkan ke arah botol sampai botolnya berjatuhan.

Selain untuk membuat anak betah berada di rumah, permainan ini juga bisa menjadi sarana bonding antara orang tua dengan anak.

4. Memancing di bak

Kamu bisa mengajak bermain pancing ikan dengan si kecil. Permainan ini bisa dilakukan di bak mandi menggunakan pancing mainan yang menggunakan magnet. Permainan ini seru dan sangat menyenangkan. Selain itu, permainan ini mengajarkan kesabaran kepada si kecil dan pengetahuan tentang adanya gaya magnet.

5. Sentuh dan tebak

Permainan ini selain untuk membuat anak senang juga bisa menjadi sarana mengajarkan anak kepada berbagai objek dengan sentuhan.  Permainan ini cocok dilakukan untuk anak yang masih kecil. Kamu bisa menggunakan kardus bekas kotak sepatu.

Caranya kamu melubangi kardus tersebut agar bisa dimasukin oleh tangan anak. Objek yang ingin ditebak dimasukkan ke dalam kardus, lalu anak harus menyentuh benda dalam kardus tersebut dan menebaknya.

6. Mencari harta karun

Permainan ini dilakukan dengan cara menyembunyikan benda-benda di berbagai titik di rumah. Nanti sang anak harus mencari dan menemukan mainan tersebut. Kamu bisa memberikan clue letak persembunyian kepada anak untuk melatih konsentrasi, daya ingat, dan kemampuan mendengarnya.

7. Menyusun balok warna warni

Permainan ini dilakukan dengan menggunakan balok susun. Kamu bisa menyuruh sang anak untuk berkreasi dengan balok tersebut dalam membuat sebuah bangunan atau benda lain. Permainan ini bisa melatih kreativitas kepada anak, selain itu untuk mengenalkan konsep bentuk dan warna, serta merangsang daya imajinasi dan kesabaran anak.

8. Tebak ekspresi

Permainan ini bisa dimainkan dengan sederhana, tidak membutuhkan benda dan alat bantu lain. kamu bisa memainkannya dengan duduk berhadapan bersama si kecil dan meragakan berbagai macam ekspresi. Si kecil nantinya harus menebak ekspresi apa yang diperagakan oleh sang ibu.

Permainan ini bisa untuk mengakomodir adanya interaksi intens antara sang bunda dengan si buah hati. Kamu juga bisa mengajarkan beragam ekspresi diri kepada sang anak dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami.

9. Bermain roket dari balon

Membuat permainan ini cukup mudah, kamu hanya memerlukan balok, tali pancing, sedotan, kursi, lakban, dan gunting. Cara membuatnya yaitu dengan mengikatkakn salah satu ujung tali pancing ke belakang kursi.

Ujung tali lainnya untuk memasukkan sedotan dan sisa ujungnya diikat ke kursi lainnya. Kamu tinggal meniup balon tapi tidak diikat, lalu balon ditempelkan ke sedotan dengan menggunakan lakban dan balon dilepas jadilah roket.

10. Perosotan

Jika anak rindu ke taman bermain, kamu bisa membuatkannya permainan perosotan di dalam rumah dengan mengubah tangga yang menuju ke lantai 2 menjadi perosotan. Caranya sangat mudah yaitu melapisi anak tangga dengan kardus bekas berukuran besar, dan jadilah perosotan. Atau bisa juga dengan membelinya di toko yang jual playground anak.

Itulah beberapa permainan anak di rumah yang bisa jadi inspirasi untuk memberikan hiburan untuk buah hati tercinta saat sedang kondisi pandemic corona.