October 20, 2021

Buy Nothing New

Belajar memberi nilai terhadap sesuatu, seutuhnya

Sambutan Pindah Rumah dalam Acara Tasyakuran

Tinggal dan hidup di rumah sendiri tentu akan lebih nyaman dibandingkan dengan menumpang di rumah orang tua. Hal ini juga akan sangat dirasakan bagi orang yang baru saja berkeluarga. Tinggal di rumah yang terpisah dari orang tua akan menambah privasi pada kehidupan rumah tangga. Sehingga, ada banyak keluarga yang kemudian mencari rumah baru yang bisa ditempati.

Rumah baru tersebut dapat digunakan pada kondisi dibeli maupun disewa. Beberapa orang yang memiliki dana yang cukup tentu akan lebih baik untuk dapat tinggal di rumah sendiri. Sehingga, kehidupannya tidak akan perlu memikirkan tentang biaya sewa rumah. Walaupun pada kondisi tertentu, membuat atau membeli rumah akan sangat menguras biaya.

Sementara itu, pilihan lain yang bisa dilakukan adalah dengan menyewa rumah sendiri. Hal ini dilakukan jika dana yang ada tidak cukup untuk digunakan untuk membeli rumah. Maka sewa rumah akan jadi salah satu opsi terbaik.

Memilih rumah yang akan dibeli atau disewa harus melalui beberapa pertimbangan tertentu. Salah satunya adalah kondisi lingkungan sekitar. Rumah yang akan ditempati hendaknya didukung dengan kondisi lingkungan sekitar yang kondusif dan aman. Sehingga, penghuni rumah juga akan merasa aman saat tinggal di rumah.

Faktor lain adalah interaksi dengan tetangga sekitar yang baik. Akan lebih baik jika memang tetangga sekitar adalah orang – orang yang baik. Sehingga, kerukunan bertetangga dapat terjaga. Akan tetapi, sebagai orang yang baru saja pindah ke lingkungan tersebut, kamu perlu melakukan beberapa hal yang dapat membuat kesan baik di mata para tetangga sekitar.

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengadakan syukuran atas kepindahan rumah. Syukuran tersebut dapat diadakan melalui sebuah pengajian yang mengundang beberapa warga sekitar. Sehingga, kamu mempunyai kesempatan untuk berinteraksi sosial dan mengenalkan diri di hadapan tetangga sekitar.

Rangkaian Acara pada Tasyakuran Pindah Rumah

Dalam satu acara pengajian tasyakuran pindah rumah, ada beberapa rangkaian acara yang harus dilakukan. Acara tasyakuran tersebut bisa dipandu oleh pembawa acara yang merupakan warga sekitar sehingga acara akan lebih tampak santai dan berkenan di hati warga sekitar.

Acara yang pertama adalah pembukaan. Biasanya, pembawa acara akan membuka acara tasyakuran tersebut dengan membaca doa bersama atau doa secara masing – masing. Pembukaan dilakukan oleh pembawa acara yang sekaligus membacakan susunan acara selanjutnya.

Acara kedua yang umumnya dilakukan adalah pembacaan ayat – ayat Al Qur’an. Acara ini biasanya diisi oleh warga yang memiliki ketrampilan membaca Al Qur’an baik serta memiliki suara yang merdu. Sehingga, warga yang hadir pada acara syukuran tersebut akan hikmat mendengarkan. Ayat Al Qur’an yang dibaca biasanya berkisar pada ucapan syukur dan pahala bagi orang yang bersyukur.

Acara selanjutnya adalah sambutan dari ruan rumah atau penghuni rumah yang baru. Sambutan dari tuan rumah ini sangatlah penting mengingat ini adalah kata pertama yang diucapkan oleh warga baru di hadapan para tetangga.

Ada beberapa poin yang harus ada pada kata sambutan yaitu ucapan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rejeki dilanjutkan dengan ucapan terima kasih kepada tetangga yang telah menyempatkan hadir pada acara tersebut. Poin selanjutnya adalah memperkenalkan diri di hadapan para tetangga dan meminta doa restu sebagai warga yang baru tinggal di lingkungan tersebut. Selanjutnya adalah harapan tuan rumah agar warga sekitar mau menerima mereka sebagai salah satu warga dan mengingatkan jika melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan aturan di lingkungan tersebut. Selanjutnya, pemberitahuan tentang acara tasyakuran dan mempersilakan warga untuk menikmati hidangan yang nantinya akan disampaikan oleh tuan rumah.

Acara selanjutnya adalah acara doa yang biasanya dipimpin oleh Ustadz atau pemimpin agama di lingkungan tersebut. Acara doa berisi harapan agar warga yang baru tinggal dan warga sekitar dapat hidup rukun dan dalam keadaan kondisi yang aman dan kondusif.

Acara tasyakuran selanjutnya adalah ramah tamah. Umunya, acara ramah tamah ini dilaksanakan dengan menghidangkan makanan dari pihak tuan rumah kepada tamu warga sekitar. Selain itu, pihak tuan rumah juga bisa mendekatkan diri kepada warga sekitar dengan mengobrol secara langsung. Acara yang terakhir adalah penutuo yang dilakukan oleh pembawa acara.

Acara tasyakuran ini penting dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas rejeki yang diberikan. Selain itu, tasyakuran juga menjadi salah satu cara untuk bersilahturahim dengan warga sekitar. Sehingga, kerukunan bertetangga akan terlaksana.

Persiapan Pindah Rumah

Sebelum pindah rumah dan mengadakan acara tasyakuran, kamu juga perlu menyiapkan proses pindah rumah. Sehingga, proses pindah rumah dapat berjalan dengan baik. Salah satu hal yang perlu dipikirkan adalah barang dan perabotan yang akan dipindahkan.

Jika kamu mempunyai banyak barang dan perabotan yang harus dipindahkan, kamu bisa menggunakan jasa dari freight dispatch services. Layanan jasa ini akan membantumu dengan mengirimkan sebuah tim profesional. Mereka akan membantu memindahkan barang termasuk proses transportasi dari rumah lama ke rumah baru. Sehingga, kamu tidak akan merasa kesusahan saat mengatur barang dan perabotan yang ada di rumah.