September 27, 2021

Buy Nothing New

Belajar memberi nilai terhadap sesuatu, seutuhnya

Simak Aturan Berikut Sebelum Memberikan Susu Formula Untuk Bayi Baru Lahir

Memberikan asi secara eksklusif selama dua tahun memang menjadi keinginan setiap ibu. Sayangnya, banyak ibu yang tidak memiliki kesempatan tersebut karena beberapa kondisi. Sebagai alternatif, ibu bisa memberikan susu formula untuk memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan si kecil. Sebelum itu,  terdapat aturan yang harus diperhatikan oleh ibu saat memberikan susu formula untuk bayi baru lahir. Anda bisa simak penjelasannya disini.

Aturan Yang Harus Diperhatikan Ketika Memberikan Susu Formula

  1. Perhatikan Frekuensi Pemberian Susu Formula Pada Si Kecil

Meskipun si kecil memerlukan asupan nutrisi yang cukup untuk membantu pertumbuhannya, namun ibu tetap harus memperhatikan frekuensi pemberian susu formula pada bayi. Hal ini karena susu formula lebih sulit untuk dicerna si kecil dibanding asi. Sehingga, ibu bisa memberikan susu formula pada si kecil secara bertahap, tidak sesering pemberian asi. Normalnya, pemberian susu formula dapat dilakukan setiap 3-4 jam sekali pada minggu pertama.

  1. Jaga Kebersihan Botol Bayi

Ketika memberikan susu formula pada bayi, ibu akan menggunakan botol atau dot untuk mempermudah si kecil menerima susu formulanya. Untuk itu, anda perlu menjaga kebersihan botol bayi agar selalu steril. Dengan menggunakan perantara berupa botol seperti ini, makan semakin besar kemungkinan susu si kecil akan terkontaminasi kuman atau bakteri yang tidak terlihat. Anda bisa selalu membersihkan botol dengan mencucinya menggunakan sabun dan air hangat.

  1. Perhatikan Cara Membuat Susu yang Bayi

Proses pembuatan susu formula untuk bayi baru lahir juga menjadi salah satu aturan yang juga harus diperhatikan. Mengikuti petunjuk pembuatan yang ada pada kotak kemasan susu formula juga tidak ada salahnya. Ibu harus memperhatikan berapa takaran susu yang pas untuk si kecil, karena susu yang terlalu encer atau pun terlalu kental tidak dianjurkan untuk si kecil. Selain itu, perhatikan juga kebersihan dan temperatur air yang digunakan ketika membuat susu formula.

  1. Perhatikan Tempat Penyimpanan Susu Formula

Terakhir, ibu wajib memperhatikan cara penyimpanan susu formula untuk bayi karena tempat penyimpanan akan berpengaruh pada kualitas susu. Simpanlah susu di dalam wadah yang kedap udara agar tidak terkontaminasi dengan bakteri ataupun kuman. Setelah itu, alangkah baiknya untuk menyimpan susu pada lemari pendingin dengan suhu sekitar 5 derajat celcius. Begitupun untuk susu yang sudah dibuat, susu harus segera dihabiskan dalam waktu kurang dari satu jam.

Meski asi merupakan makanan paling baik untuk bayi baru lahir, namun bukan berarti si kecil yang mengkonsumsi susu formula tidak akan mendapatkan nutrisi yang baik pula. Anda tetap bisa memenuhi asupan nutrisi bayi dengan susu formula, asalkan  tetap memperhatikan hal-hal yang harus dipenuhi ketika memberikan susu formula pada si kecil yang baru lahir. Sehingga, bayi akan tetap mendapatkan nutrisi dan gizi yang lengkap dari susu formula secara optimal.