September 27, 2021

Buy Nothing New

Belajar memberi nilai terhadap sesuatu, seutuhnya

Tanaman Obat Herbal Untuk Batuk

Pixabay.com

Batuk adalah hal umum dialami semua orang. Batuk bisa disebabkan karena virus maupun bakteri. Juga karena faktor lingkungan maupun makanan yang dikonsumsi.

Tentunya batuk terus menerus membuat kondisi tak nyaman. Jangan diabaikan, meski kelihatannya sepele. Sebaiknya segera ambil tindakan agar batuk tak berkelanjutan sehingga tak mengganggu aktivitas.

Ada dua jenis batuk yakni batuk ringan yang biasa dialami siapa saja seperti  batuk kering, biasanya disertai gatal di tenggorokan dan juga batuk berdahak. Obatnya juga berbeda beda, sesuai jenis batuknya. Biasanya bisa beli obat di apotik. Bisa juga gunakan tanaman obat herbal seperti dibawah ini.

Untuk diketahui, mengkonsumsi tanaman herbal untuk obati batuk akan lebih efektif. Karena selain bahannya mudah diperoleh di pasar tradisional, juga efeknya lebih aman. Meski demikian, sebaiknya jika mengalami batuk akut, berkonsultasilah kepada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Nah, berikut ini daftar tanaman obat herbal yang bisa dijadikan obat untuk mengatasi batuk atau sebagai komposisi obat batuk herbal saat ingin membuka  bisnis pabrik herbal. Simak selengkapnya di bawah ini

1. Lemon dan Jeruk Nipis

Pixabay.com

Lemon dan jeruk nipis, bisa dimanfaatkan untuk obat batuk alami. Keduanya mengandung antibakteri dan vitamin c yang berkhasiat basmi bakteri di tubuh.

Cara mengolahnya, ambil perasan air lemon dan jeruk nipis. Setelah itu, campur dengan 1 sendok madu dan segelas air, lalu minum.

2. Bawang Putih dan Bawang Merah

Bawang putih dan bawang merah juga bisa redakan batuk kering disertai gatal. Ini berkat kandungan  phytochemical di bawang putih dan sifat antibakteri di bawang putih yang bisa atasi batuk secara alami dan manjur.

Bisa dikonsumsi secara mentah, atau bia dijadikan jus. Memang rasanya tidak enak, tapi manjur untuk obati batuk kering.

3. Jahe

Jahe sudah banyak dimanfaatkan sebagai obat alami, termasuk obat batuk karena sifat antibakterinya. Jahe juga bisa hangatkan tubuh. Cobalah untuk minum wedang jahe untuk obati batuk kering dan berdahak.

4. Daun Kemangi

Kemangi sering dimanfaatkan sebagai obat batuk yang aman dikonsumsi. mengkonsumsi jus kemangi diyakini  bisa redakan batuk lebih cepat.

5. Daun Seledri

daun seledri juga ampuh untuk mengatasi batuk, sama seperti kemangi. Cara konsumsinya, dibuat jus yang dicampur dengan 1 sendok madu.

Saat batuk, Konsumsi jus daun seledri  3 jam sekali, batuk bakal sembuh dengan cepat.

6. Daun Sirih

Sifat antiseptik dan antibakteri yang dimiliki daun sirih juga bisa dimanfaatkan sebagai pereda batuk kering dan gatal.Cobalah merebusnya lalu diminum. Bisa ditambahkan 1 potong jahe.

 7. Garam

Garam bisa kurangi rasa gatal dan bengkak di tenggorokan.  bumbu dapur  satu ini sering dipakai untuk obat pereda batuk alami. Caranya, ambil 1 – 2 sendok garam dapur. Lalu campur pakai segelas air hangat. Kemudian gunakan sebagai minuman.

8. Cuka Apel

Cuka apel punya kemampuan  melawan bakteri dalam tubuh. Ketika  kondisi tubuh menurun, bakteri akan lebih cepat masuk dan berkembang. cuka apel juga bisa dimanfaatkan untuk obat batuk alami dan aman.

9. Kunyit dan Garam

Kunyit punya kandungan antibiotik untuk atasi radang saluran pernapasan dan atasi batuk kering atau berdahak.

Caranya, parut beberapa potong kunyit. Lalu Campur dengan 1 sendok garam, setelah itu Anda bisa langsung meminumnya.

10. Ramuan Madu, Lemon, dan Biji Rami

Madu, lemon dan biji rami juga bisa digunakan untuk obati batuk alami. Caranya, rebus biji rami, lalu campur dengan perasan lemon dan 1 sendok madu.

11. Lada Hitam

Batuk kering tak sembuh sembuh bisa gunakan obat alami lada hitam. Di Dalam lada hitam terdapat kandungan zat yang bisa merangsang sirkulasi udara dalam saluran napas. Lada hitam juga punya kemampuan hambat masuknya bakteri dan virus di tenggorokan. Konsumsi lada hitam dengan segelas air putih.

12. Daun Peppermint

Daun peppermint mengandung mentol segar yang bisa meringankan tenggorokan gatal. Daun ini juga aman dikonsumsi anak anak sebagai obat.

Caranya, rebus daun peppermint, lalu dekatkan uap rebusan daun di hidung anak untuk dihirup. Cara ini ampuh redakan batuk berdahak dan kering, baik dewasa maupun anak anak.

13. Belimbing Wuluh

Selain bunganya, buah belimbing wuluh juga bisa dimanfaatkan untuk bumbu dapur dan obat alami batuk. Ambil perasan air belimbing wuluh. Lalu tambahkan 1 sendok garam dan segelas air, kemudian saring dan minum 2 – 3 kali sehari.

14. Cabai Jawa

Ternyata cabai juga bisa untuk obat alami batuk berdahak selain untuk bumbu dapur. Caranya, tumbuk beberapa cabai jawa dan campur dengan 1 sendok madu. Kemudian minum sebagai obat alami untuk mengatasi batuk.

15. Daun Kayu Putih

Pixabay.com

Daun kayu putih berkhasiat hangatkan tubuh. Selain itu, juga bisa jadi obat alami batuk. Caranya, rebus beberapa daun kayu putih sampai mendidih. Tinggal minum dalam keadaan hangat. Ini bisa kurangi rasa gatal di tenggorokan.

Nah itulah daftar tanaman obat herbal yang bisa bantu obati batuk berdahak maupun batuk kering secara alami. Selain mudah memperoleh bahan bahan ini, juga lebih aman dikonsumsi. Namun, jika gejala batuk terus berlanjut, sebaiknya konsultasi ke dokter agar mendapatkan solusi efektif. Semoga informasi ini bermanfaat.