October 20, 2021

Buy Nothing New

Belajar memberi nilai terhadap sesuatu, seutuhnya

Penempatan Tangga Dalam Rumah Yang Baik Menurut Fengshui

Pixabay.com

Di rumah bertingkat, tangga adalah barang yang sangat diperlukan, tidak hanya digunakan sebagai jembatan lalu lintas untuk naik ke lantai 2, tangga itu sendiri jika digunakan dengan benar, akan menciptakan aliran energi yang baik di dalam rumah. Menurut feng shui, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam desain tangga, seperti posisi, arah tangga, warna, pencahayaan lantai tangga. Berikut beberapa catatan khusus penempatan tangga dalam rumah yang baik menurut fengshui :

Penempatan Tangga Dalam Rumah Yang Baik Menurut Fengshui

Pixabay.com

Buat Ruang Kecil Untuk Menunggu Orang Naik atau Turun

Setiap ujung tangga harus memiliki ruang kecil untuk dijadikan sebagai tempat orientasi dan tempat menunggu orang lain untuk naik atau turun, jika tidak ruang maka, sebaiknya untuk menempatkan lonceng angin untuk memberi sinyal gerakan jika di atas atau bawah tangga sedang ada orang yang naik atau akan turun.

Tangga tidak boleh langsung menuju pintu

Tangga di lantai dasar tidak boleh langsung menuju pintu, membawa banyak ketidaknyamanan untuk digunakan seperti kurangnya kebijaksanaan dan menyebabkan impuls langsung. Tangga jenis ini dapat diatasi dengan mendirikan sekat/partisi atau lemari sebagai penyekat antara tangga dengan pintu. Untuk sekat ruangan atau partisi dengan desain minimalis dan modern bisa dipesan di pirekiasia.co.id.

Tempatkan Interoir Tepat di Bawah Tangga

Tangga juga merupakan tempat angin bertiup dan dapat menyebarkan debu dari atas. Sehingga pada bagian bawahnya tangga, sulit digunakan sebagai ruangan tertentu sehingga yang terbaik kamu hanya bisa menempatkan lemari penyimpanan di bawah tangga atau bisa membuat ruang kosong dibawah tangga digunakan sebagai tempat akuarium atau rak dekoratif.

Perhatikan Warna Anak Tangga

Warna anak tangga sebaiknya menggunakan warna yang terang dan jelas. Dengan menggunakan warna yang gelap akan membuat tangga terlihat lebih kotor. Selain itu anak tangga yang berwarna gelap juga bisa membahayakan orang yang sedang naik atau menuruni tangga.

Dekorasi di Dinding Tangga

Jika ada gambar dekorasi yang tergantung di tangga, sebaiknya hanya digantung pada posisi stabil seperti wallpaper dinding dan lukisan dekoratif, hindari detail yang membingungkan diarea dinding tangga.

3 Lokasi Fengshui Terburuk Untuk Tangga Yang Harus Dihindari

Pixabay.com

Tangga terletak di tengah rumah

Lokasi ini dinilai sebagai lokasi feng shui terburuk. Energi pusat atau  jantung dari setiap ruang akan terkuras oleh energi tangga yang terus menerus. Meski cepat atau lambat, keadaan depresi ini juga akan secara langsung memengaruhi energi orang yang tinggal atau berada di ruang tersebut.

Tangga tersebut sejajar dengan pintu

Saat Kamu menyelaraskan energi langkah naik dan turun dengan energi yang masuk dari pintu depan, Kamu menciptakan energi dengan kualitas yang tergesa-gesa, mudah menguap, dan tidak stabil. Ini cenderung menentukan kualitas energi di seluruh rumah. Jika memungkinkan, hindari menempatkan posisi tangga posisi sejajar dengan pintu.

Tangga mengikuti salah satu dari tiga arah

Timur (mewakili kesehatan), barat daya (mewakili cinta) dan tenggara (mewakili kekayaan). Jika Kamu harus menempatkan tangga di tempat-tempat di atas, pastikan kamu memahami cara menghubungkan energi tangga. Selain itu, pastikan kamu menggunakan elemen feng shui yang benar saat mendesain tangga.

Posisi Tangga Yang Bagus Menurut feng shui

  • Tempatkan lampu gantung di atas tangga
  • Tempatkan tirai atau pisahkan tangga dan pintu ke area yang berbeda jika saling berhadapan.
  • Tangga bisa dibuat dari kayu, logam atau beton karena ini adalah simbol dari tiga elemen padat. Tangga kayu yang cocok terletak di Selatan, Timur dan Tenggara. Tangga logam paling baik ditempatkan di Timur Laut, Barat Daya, Barat dan Barat Laut.
  • Sepasang dekorasi Unicorn dapat ditempatkan di kedua sisi tangga untuk menangkal energi buruk untuk naik dan mendorong energi baik untuk naik.
  • Beberapa catatan lain saat mendesain tangga:
  • Anak tangga tidak boleh cekung atau terbuka karena mempengaruhi fengshui
  • Harus ada lampu tangga untuk berjalan di tangga saat malam hari sehingga lebih mudah untuk naik dan turun tangga.
  • Kaki dan puncak tangga tidak boleh menghadap pintu utama.
  • Tangga harus kokoh. Hindari tangga yang cacat dan pagar yang goyah.
  • Hindari memilih warna merah untuk tangga karena ini membawa kemalangan yang serius.
  • Hindari menempatkan bebatuan di kaki anak tangga karena akan menghambat keberhasilan generasi kedua dari keluarga tersebut.
  • Tangga tidak boleh dimulai atau diakhiri di depan toilet.
  • Hindari menempatkan tangga spiral karena ini pertanda buruk. Lebih berbahaya lagi bila tangga diletakkan di tengah rumah. Terutama jangan gunakan tangga spiral di sekitar kolom. Tangga jenis ini akan menciptakan spiral udara di sekitar kolom yang menyebabkan merugikan pemilik dan orang di dalam rumah.
  • Kedua sisi tangga harus memiliki pegangan tangga untuk melindungi orang naik turun. Tangga yang dibangun dengan gaya modern seperti tangga herringbone, tangga tanpa dinding kurang baik menurut konsep feng-shui.
  • Dalam kasus force majeure, usahakan untuk tidak menempatkan tangga pertama di tengah rumah.
  • Hindari membuat tangga terlalu panjang dari lantai ke lantai.
  • Perhatikan bahwa koridor dan tangga yang terkait dengan tangga harus memiliki tepian di bawah pegangan tangan untuk menghindari kehilangan udara. Tangga juga tidak boleh menabrak langsung ke dapur atau pintu toilet di lantai mana pun, dan hati-hati jangan sampai balok horizontal (kasau) tumpang tindih dengan tangga.
  • Tangga harus ditempatkan di tempat terbuka, dari arah yang baik ke atas. Ini akan memastikan lantai atas mendapatkan udara yang baik dari rumah.
  • Benar-benar tidak diperbolehkan menempatkan tangga naik dari belakang rumah. Sebab, udara dalam ruangan masuk dari luar dan keluar dari belakang. Jika tangga ditempatkan dari belakang rumah ke lantai atas, maka akan mematikan udara.
  • Dalam feng shui, tangga juga dianggap sebagai usus dalam tubuh manusia. Jadi hindari membuat tangga terputus. Khususnya: Di lantai pertama, tangga ditempatkan di awal koridor, ke lantai 2 – 3, tangga ditempatkan di ujung koridor, atau lokasi lain.