May 14, 2021

Buy Nothing New

Belajar memberi nilai terhadap sesuatu, seutuhnya

Wolffia Bunga Terkecil Di Dunia yang Unik dan Memiliki Beragam Manfaat

Tahukan kamu bahwa ternyata ada bunga terkecil di dunia dengan ukuran yang memang benar-benar kecil? Bahkan bentunya sendiri gak menyerupai bunga. Ya namanya Wolffia bunga terkecil di dunia ini memang bentunya gak kaya bunga, tapi dia tetep aja bunga. Penasaran seperti apa Wolffia? Simak artikel berikut ini karena kita bakal bahas tentang bunga Wolffia.

Artikel

Wolffia merupakan tanaman terkecil dengan ukuran sekitar 0,1 mm. tanaman yang satu ini akan memekarkan bunga di bagian atasnya. Wolffia termasuk dalam tanaman air yang hanya bisa tumbuh pada air tertentu saja. Tanaman dengan warna hijau kekuning-kuningan yang satu ini memiliki bentuk seperti biji, tidak berakar dan tidak berbatang. Bila ingin melihat bunga milik tananaman ini kamu harus menggunakan kaca pembesar karena ukuran bunganya yang sangat kecil.

Walaupun kecil bunga yang dimiliki oleh Wolffia juga memiliki bagian bunga yakni benang sari dan juga putik sebagai media penyerbukkanya. Namun jumlahnya juga tidak banyak, hanya ada satu benang sari dan satu putik pada setiap bunganya. Bila kamu ingin mengetahui lebih jelas info mengenai bunga terkecil yang satu ini, kamu bisa simak lima fakta menarik Wolffia berikut ini.

5 fakta menarik Wolffia

Berikut ini ada 5 fakta menarik mengenai Wolffia untuk kamu yang ingin mengulik lebih jauh tentang tumbuhan Wolffia.

  1. Memiliki banyak spesies

Walau memiliki ukuran kecil tumbuhan yang satu ini ternyata memiliki beragam jenis spesies lho. Bahkan ada 11 jenis spesies berbeda dengan golongan tumbuhan Wolffia, sangat mengejutkan bukan? Walau memiliki banyak jenis spesies bentuknyapun tak begitu nampak beda bila dilihat dengan mata telanjang. Mungkinkarakteristinya hanya akan terlihat saat kamu melihatnya menggunakan mikroskop.

Nah buat kamu yang ingin tahu kesebelas jenis Wolffia berikut ini ada 11 jenis Wolffia: Wolffia angusta, Wolffia arrhiza, Wolffia brasiliensis, Wolffia Columbiana, Wolffia cylindracea, Wolffia elongate Wolffiaaustraliana, Wolffia borealis, , Wolffia microsopica, Wolffia  neglecta.

  1. Ukuran bunga

Dari banyaknya jenis Wolffia tadi ternyata jenis Wolffia angusta lah yang memiliki ukuran paling kecil yakni  panjang sekitar 0,6 mm dan lebar 0,3 mm. walau Wolffia angusta menempati urutan ukuran terkecil dari smeua jenis Wolffia, ada juga Wolffia lain yang memiliki ukuran hampir mirip dengannya yakni Wolffia globose. Wolffia Globose ini juga tidak kalah kecil dari Wolffia agungsta, tentunya tidak perlu kamu bandingkan berapa selisih ukuran mereka karna selihsihnya mungkin tidak sampai mm.

Tanaman terkecil yang satu ini adalah atnaman asli Asia yang bisa ditemukan di beberapa tempat di Amerika.  Dengan bentuk bulat yang tidak beraturan tanaman ini mmapu memiliki bunga dibagian atasnya.

  1. Berperan melindungi bumi

Percayakah anda bahwa tanaman sekecil ini bisa melindungi bumi? Wolffia adalah naman yang bisa dimakan oleh beberapa hewna ternak, tanaman ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Beberapa hewan yang biasanya mengkonsumsi Wolffia adalah bebek, ikan., ayam, babi dan sapi.

Menurut penelitin ternyata Wolffia juga berpotensi untuk menjadi sumber bahan bakar terbaharukan dan berkelanjutan yang nantinya akan menggantikan peran fosil sebagai bahan bakar habis pakai. Yang unik lagi dari tanaman ini adalah bia dapat digunakan sebagai bahan dalam pembuatan bioplastik, karena tanaman ini mengandung sekitar 44 % protein.

  1. Dapat dikonsumsi manusia

Menurut penelitain  dari University of Jena ternyata Wolffia dapat dikonsumsi oleh manusia tidak hanya oleh hewan. Bahkan Wolffia juga dapat dugunakan untuk meredakan gejala defisiensi karena kekurangan gizi. Tidak hanya bis adikonsumsi, tanaman mungil yang satu ini ternyata juga sangat bermanfaat untuk digunakan dalam kegiatan lain salah satunya adalah tanaman ini bisa dibudidayakan dalam kolam yang mana air kolam nantinya akan lebih murni dan jernih setelah dibudidayakaknya tanaman ini.

Tidak hanya itu, mungkin tanaman ini memang bisa dikatakan ajaib  karena memiliki banyak sekali fungsi, fungsi terahir dari tanaman ini adalah dapat dugunakan untuk memproduksi bio ethanol.

  1. Menu khusus di berbagai negara

Karea mengandung banyak protein dan bisa dikonsumsi oleh manusia tanaman yang satu ini ternyata juga menjadi primadona bagi beberapa negara besar. Mereka menggunakan Wolffia sebagai salah stau menu campuran dan menu utama dalam masakannya. Beberapa negara seperti Thailand, Kmaboja, Laos, menyajikan Wolffia sebagai lauk makan mereka dengan memadukannya di masakan sepeti pada soup atau juga omelet.

Wolffia sudah dianggap sebagai sayuran yang wajib ada dalam beberapa masakan tersebut, akan kurang rasanya bila masakan tadi tidak ditambahkan Wolffia sebagai menu pelengkappnya. Ada juga  beberapa kreasi menu Wolffia yang bisa kamu coba, namun  menu-menu ini bukanlah menu khas dari negara yang harus kamu konsumsi saat mendatangi negara tersebut.

Demikian artikel mengenai Wolffia, si tanaman terkecil di dunia yang hanay berukuran sekitar 0.1 mm. walau kecil tanaman ini banyak mengandung manfaat baik untuk manusia maupun untuk alam sekitarnya. Semoga perkembangan tanaman Wolffia dapat dibudidayakan dengan lancar sehingga tidak mengalami kepunahan.